Archive Pages Design$type=blogging

cara install Apache di Linux Mint

Mungkin sebagian dari sobat sudah tidak asing lagi dengan yang namanya web server, yang mana didalamnya mencakup beberapa komponen dasar dar...

Mungkin sebagian dari sobat sudah tidak asing lagi dengan yang namanya web server, yang mana didalamnya mencakup beberapa komponen dasar dari suatu web site, yaitu Apache2, PHP5, MySQL, PHPMyAdmin. Untuk Microsoft Windows kita bisa menggunakan sebuah program yang dirilis oleh Apache-Friends, yaitu XAMPP. XAMPP ini telah mencakup semua kebutuhan dasar sebuah website. Jadi buat para rekan – rekan yang masih familiar dengan Microsoft Windows, sangat disarankan untuk menggunakan XAMPP sebagai dasar pembangunan website rekan – rekan semua, karena kelengkapan fitur dan pemakaiannya yang sangat mudak dipahami oleh para pemula.

Pada artikel kali ini saya tidak akan membahas bagaimana cara instalasi atau penggunaan dari XAMPP ini, melainkan saya akan membahas bagaimana cara membangun dasar suatu web server pada linux ( distro linux-mint 10 ). Untuk membangun sebuah webserver pada linux, kita bisa menggunakan dua cara, yaitu :

    Kita bisa menggunakan XAMPP untuk linux ( LAMPP ), bisa di download SITUS RESMI APACHE-FRIENDS
    Cara yang kedua ini bisa dibilang agak rumit banding dengan cara yang pertama, karena instalasinya harus kita lakukan satu persatu dan ada sebagian config yang memang harus ada perubahan

Nah pada artikel kali ini yang akan saya bahas adalah cara yang kedua, diasumsikan komputer anda telah terinstall linux ( distro ubuntu atau linux-mint 10 ). Langsung saja kita bermain-main dengan terminal ( tekan Alt + F2, ketikkan gnome-terminal ). Selanjutnya ketikkan perintah berikut di terminal :

    apt-get update

Setelah selesai, dilanjutkan dengan perintah untuk menginstall Apache2 beserta kawan-kawannya.

    apt-get install apache2 apache2.2-common apache2-doc apache2-mpm-prefork apache2-utils

Setelah proses instalasi selesai, coba ketikkan http://localhost pada browser anda untuk check apakah apache sudah running dengan semestinya. Klo tidak ada permasalahan, anda akan melihat tulisan IT’S WORK pada halaman browser anda.

Untuk selanjutnya kita akan menginstall php5 beserta konco-konconya juga, ketikkan di terminal perinta berikut :

    apt-get install php5 libapache2-mod-php5 php5-common php5-gd php5-mysql php5-imap php5-cli php5-cgi php-pear php-auth

Selanjutnya coba anda test apakah php sudah running, buat sebuah file php di folder /var/www/. Ketikkan diterminal nano /var/www/info.php, lalu copas script berikut :

        phpinfo( );
    ?>

Selanjutnya buka browser anda, dan jalankan script info.php tadi dengan mengetikkan http://localhost/info.php pada browser anda. Jika tidak permasalahan dengan linux anda atau proses instalasi php, anda akan dibawa ke halaman informasi detail tentang php5 yang terinstall di komputer anda.

Untuk selanjutnya kita harus menginstall MySQL untuk me-manage database pada webserver yang akan dikelola, ketikkan perintah berikut ini di terminal untuk install MySQL server beserta client-nya.

    apt-get install mysql-server mysql-client

Selanjutnya install phpMyAdmin, ketikkan di terminal perintah berikut ini:

    apt-get install phpmyadmin

Sampai pada tahap ini proses instalasi bisa dibilang telah selesai, tapi berdasarkan pengalaman saya halaman phpMyAdmin tidak bisa setelah semua komponen web server terinstall, karena secara default file-file phpmyadmin tidak terletak pada folder /var/www ( root folder situs anda ). Untuk mengatasi ini kita harus membuatkan sebuah simbolik link yang mengarah ke file-file phpMyadmin, ketikkan perintah – perintah berikut di terminal :

dpkg-reconfigure -plow phpmyadmin

ln -s /etc/phpmyadmin/apache.conf /etc/apache2/conf.d/phpmyadmin.conf

Setelah itu, restart kembali Apache dan MySQL dengan perintah – perintah berikut :

    Apache –> /etc/init.d/apache2 restart
    MySQL — > /etc/init.d/mysql restart

Selanjutnya coba buka browser anda dan ketikkan http://localhost/phpmyadmin, anda akan dibawa ke halaman login phpMyAdmin, seperti gambar dibawah ini :




Setelah sampai pada tahap ini konfigurasi dasar web server anda telah bisa digunakan, silahkan letakkan file-file situs anda di folder /var/www. Anda juga bisa menggunakan CMS untuk membangun situs anda, misalnya wordpress, joomla, drupal dan lain sebagainya.

source : http://tembokroma.blogspot.com

COMMENTS

BLOGGER: 3
Loading...
Nama

iklan teknikseo
false
ltr
item
All Of Computer: cara install Apache di Linux Mint
cara install Apache di Linux Mint
All Of Computer
http://waonex73.blogspot.com/2012/06/cara-install-apache-di-linux-mint.html
http://waonex73.blogspot.com/
http://waonex73.blogspot.com/
http://waonex73.blogspot.com/2012/06/cara-install-apache-di-linux-mint.html
true
474567257464542819
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago